Pendapat Tentang PPDE

STMIK DCI
  
NAMA : SIROJUL MUNIR
NIM.    : 32170015
Assalamualaikum wr.wb

  PPDE menurut saya ilmu yang mempelajari tentang asal muasal atau sejarah komputer dan pengenalan terhadap komponen-komponen dan fungsi yang ada di komputer, baik sofware maupun hardware, sehingga kita dapat mengetahui, mempergunakan komputer untuk pengolahan data atau kita dapat mengetahui informasi dari data yang telah di olah (jadi lebih berarti), siklus pengolahan pengolahan data elektronik terdiri dari tiga tahapan dasar yaitu: Input,Processing,output. Kemudian dikembangkan lagi dengan menambahkan tiga atau lebih tahapan lagi yaitu : Origination, Storage, Distribution.
 Dan berikut ini, adalah contoh materi pembelajaran tentang hardware dalam PPDE : 
Sumber : YouTube

 Manfaat yang akan di peroleh dari pengolahan data elektronik adalah adanya fungsi pengumpulan data, transfer data, fungsi manifulasi dll. Sebagai contoh kita  menggunakan VICON(Video Conference) untuk bisa belajar dimana saja, dengan memanfaatkan media informasi (smartfhone dan komputer).
 Proses input, pengolahan data dan output dalam sistem komputer.
Sumber : youtube
Kesimpulan
  Jadi PPDE adalah ilmu yang mempelajari dimana kita sebagai manusia dapat mengelola atau mempergunakan komputer untuk hal yang bermanfaat atau lebih berarti.

Contoh Peranan PPDE
  Pengalaman saya tentang PPDE di bidang pendidikan mengalami kemajuan sekarang kita tidak perlu cape-cape untuk menulis di papan tulis waktu persentasi, sekarang sudah ada misalnya power point dll. Di akhir semester di SMA saya mengikuti UN tapi UN sekarang beda lebih peraktis tidak perlu bawa buku,tas, dan peralatan tulis lain, cuman bawa bolpoin buat tanda tangan, karena sekarang UN sudah pake komputer (UNBK).

Menurut saya kelebihan UNBK ini dapat mengurangi kecurangan (nyontek), memudahkan siswa karena cukup mengklik saja jawabannya, dan penghitungan hasil UNBK lebih cepat.
                         Apa itu UNBK? yuk, lihat videonya.
Sumber : YouTube
 Kalau kekurangannya sih, cuma jumlah komputer belum memadai dan akses internetnya yang masih lambat. 
Manfaat vicon /e-learning
  Menurut saya vicon sangat menyenangkan dimana kita bisa tetap belajar meskipun dosen kita sedang tidak berada di kampus. Jadi, kita tidak ketinggalan pelajaran, dan berikut adalah referinsi artikel yang menjadi acuan dalam belajar online:

  Kita lihat gambar di bawah ini , proses belajar menggunakan VICON :


Dan ternyata vicon sendiri telah digunakan di perkantoran

Tips belajar online tanpa bosan :
Sumber : youtube

Kekurangan vicon/e-learning
  Menurut saya selain ada manfaatnya ternyata vicon juga terdapat kekurangan yang dimana, kita sebagai mahasiswa akan sedikit kekurangan pemahaman, motivasi, menyulitkan mahasiswa yang tidak memiliki akses internet dll.

 Pendapat saya sama seperti yang ter kutip dalam artikel : http://info-belajaronline.blogspot.co.id/2014/08/kekurangan-belajar-online-atau-e.html?m=1
 Dan kita sebagai pengguna teknologi harus bijak dalam menggunakannya. berikut adalah dampak negatif teknologi :
                                                                  Sumber : YouTube
Sekian dari saya , Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa berkunjung kembali dan ikutin blog saya ya.
  wassalammua'laikum wr.b

 THX :
To Allah swt
Nabi Muhammad Saw
Dr.djadja Achmad Sardjana, S.T, M.M
YouTube channel
google search
Blogger
info-belajaronline
feelnet.wordpress

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman MAKAB STMIK DCI 2018

jawaban UAS PPDE 2018