Jawaban UTS PPDE

1. apa yang dimaksud dengan pengertian komputer yang benar dan jelaskan karakteristiknya? Bagaimana menurut pengalaman anda menggunakannya selama ini?
Sumber : YouTube

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology yaitu kata computer sebagai kata untuk “orang yang menghitung” yang digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646. Kemudian pada tahun 1897 kata computer sebagai kata untuk”alat hitung mekanis”. Dan secara umum definisi komputer pernah dipakai untuk mendefinisikan dengan menggunakan atau tidak menggunakan alat bantu yang melakukan perhitungan aritmatika. Pada perang dunia ke ll, kata komputer sendiri dipakai oleh para pekerja wanita Inggris dan Amerika Serikat untuk menghitung jalan altileri perang menggunakan mesin hitung. Ada sebuah desain mesin hitung pertama kali yang disebut dengan mesin analitikal yang didesain oleh Charles Babbage. Dan ada juga slide rule yang merupakan alat mesin sederhana yang bisa dikatakan sebagai komputer.
Definisi komputer secara luas adalah sistem pengolah informasi atau yang mengolah informasi. Ada juga pengertian yang lainnya tentang komputer yang dipakai selama bertahun-tahun, dan ada juga beberapa kata yang mengandung arti komputer. Sehingga dalam pengertiannya terdapat pula seperti jenis kalkulator mekanik mulai dariabakus dan seterusnya, slide rule dan semua komputer elektronik yang kontemporer. Jadi Komputer juga dapat diartikan sebagai “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan Data), dikendalikan serta dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya (mesin)”.
Menurut pengertian di atas, Komputer terdiri dari sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang dalam kenyataannya satu sama lain tidak bisa dipisahkan, baik di antara perangkat (mesin) itu sendiri maupun antara mesin dengan instruksi atau program. Semuanya merupakan satuan yang saling bekerja sama dan saling tergantung satu sama lain. Karena itu komputer juga merupakan suatusistem.
Definisi komputer di atas sudah mewakili beberapa alat khusus yang hanya dapatmemperhitungkan satu atau memiliki beberapa fungsi. Dengan pemrograman yang benar, sehingga semua komputer dapat mengolah sifat apapun(biasanya dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda merupakan hal yang membedakan antara komputer modern(sekarang) dengan komputer yang lebih awal. Dan dijamin mesin yang akan kita ciptakan dapat meniru alat perkomputeran pada masa depan, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.a

Karakteristik Komputer
1.      Tidak memiliki emosi
2.      Mampu menyimpan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yang lama
3.      Mampu mengurutkan dan mencari data dalam waktu singkat
4.      Mampu mengolah data yang besar dengan cepat dan akurat.
Manfaat komputer untuk sehari hari

Pengalamangunakan Komputer :
 Saya mengenal komputer waktu kelas 1 smp waktu itu ada mata pelajaran TIKOM waktu pertama megang mouse saja susah dan waktu itu saya hanya menggunakan komputer untuk media hiburan main game, nonton video,dll. Tapi setelah saya belajar di sekolah saya di ajarkan untuk membuat dokumen dll. Dari situlah saya dapat memanfaatkan sebagai media pembelajaran dan hiburan.

2. Jelasan apa saja yang termasuk perangkat keras komputer kuno/pra sejarah? Komputer kuno/lama apa saja yang pernah anda pakai?

Sejarah perkembangan perangkat keras Komputer berawal dari Penggunakan alat mekanik memakai tangan mulai digunakan pada tahun 1623. 
1642. Mesin Penghitung Otomatis yang Pertama
Blaise Pascal (1623-1662) ahli Matematika dan Filsafat dari Prancis menciptakan pertama kali alat perhitungan dengan mesin secara mekanik. Alat tersebut  diberi nama Pascals Machine Arithmetiqueyang dikenal juga dengan nama The Pascaline.
1666. Mesin Pengali yang Pertama
Sir Samuel Morland (1625-1695)., menemukan mesin  yang  bisa melakukan perkalian (X) , penambahan (+), Pengurangan (-) dan pembagian (: ) yang pertama tapi tidak otomatis seperti The Pascaline.
1673. Leibnitz`s Calculating Machine
Gottfried Wilhem Von Leibnitz (1646-1716), Seorang  ahli matematika  dan filsafat Jerman mengembangkan mesin yang dibuat oleh Pascal.
1777. Mesin Logika yang Pertama
Charles Mahon (1753-1816), menciptakan suatu mesin berukuran saku yang disebut dengan namaLogic Demonstrator. Mesin ini dapat memecahkan problema numerik bentk logika dan juga masalah-masalah probabilitas, alat ini dianggap sebagai dasar komputer yang mempunyai kemampuan logika serta dapat mengambil keputusan.
1804. Mesin Kartu yang pertama,
 Joseph Marie Jacquard (1752-1834).
1820.  Mesin Penghitung Komersil Sukses yang Pertama
Charles Thomas De Colmar (1785-1870). Membuat mesin hitung komersil  disebut De Colmar Arithnomoter yang pertama dipakai secara komersial dan sukses dan memenangkan medaliInternational Exhibition di London tahun 1862.
1822.    Babbage`s Difference Engine
Charles  Babbages (1791-1871) Ahli matematika dari Cambridge University Inggris diilhami dari Charles Mahon Logic Machine, menciptakan alat yang disebut dengan Babbage`s Difference  Engine, mesin ini belum sempat diselesaikan.
8.   1850. Mesin Penghitung dengan Keyboard yang Pertama
D.D. Parmalee  dari Amerika membuat mesin hitung yang menggunakan Keyboard.
1854. Aljabar Boolean yang Pertama
George S. Boole (1815-1864). Ahli logika dari Inggris dalam bukunya The Law of Thought yang dipublikasikan tahun 1854, menyatakan logika di dalam simbol-simbol matematika yang didasarkan pada 3 (tiga) operasi Logika AND, OR, NOT. Teorinya sekarang mendasari cara kerja sircuit komputer.
1868. The Adder
Webb dari Amerika Serikat menciptakan mesin dengan nama The Adder, yang berukuran saku tetapi hanya bisa melakukan perhitungan penambahan saja.
1869. Mesin Logika aljabar Boolean yang Pertama
Willian Jevons (1835-1882) melihat bahwa logika aljabar Boolean merupakan penemuan yang besar , dia menciptakan mesin  yang bisa memecahkan masalah-masalah rumit dengan prinsip aljabar boolean.
1872. The Baldwin
Frank S. Baldwin mulai memproduksi mesin hitung di Amerika Serikat.
1874. Odhner`s Adding Machine (mesin hitung)
W. T. Odhner dari Swedia membuat mesin hitung yang prinsip cara kerjanya sama dengan yang dibuat Frank S. Baldwin. Mesin ini banyak digunakan sampai ditemukannya komputer hingga sekitar tahun 1960-an.
1879. Mesin Pencatat Kas yang Pertama
James Ritty dari Ohio membuat Cash Register dan sukses dipasarkan  pada tahun 1884 oleh John H. Patterson dengan perusahannya National Cash Register Company.
1884. Mesin Penghitung dengan Alat Cetak yang Pertama.
William  S. Burrough (1857-1898) dari Amerika, seorang pegawai Bank membuat mesin hitung yang dilengkapi alat cetak. Mesin ini diberi nama Burrough Adding And Listing Machine di patenkan pada 1888 dipasarkan pada 1891.

ALAT MEKANIK ELEKTRONIK
PERKEMBANGAN SELANJUTNYA DARI PERANGKAT KERAS SETELAH ALAT MEKANIK ADALAH ALAT MEKANIK YANG BEKERJA SECARA ELEKTRONIK SUPAYA LEBIH OTOMATIS.

1890. Mesin Tabulasi Kartu Plong Mekanik-Elektronik yang Pertama
Tahun 1890 seorang ahli statistik asal Buffalo NewYork, Amerika Dr. Herman Hollerith (1860-1929)bekerjasama dengan Biro Sensus Amerika membuat mesin hitung untuk sensus penduduk Amerika.
1920. Mesin Penghitung Otomatis yang Pertama
Leonardo Torres Y. Quevedo (1852-1936) dari Spanyol menciptakan  mesin hitung otomatis yang pertama, permasalah Arithmetika diketik lewat satu mesin ketik dan mesin penghitung ini secara otomatis  menyebabkan mesin ketik mengetik ulang kembali hasil penyelesaiannya. Dia juga waktu itu membuat mesin permainan Catur. 
1931. Komputer Analog yang Pertama
Dr. Vannebar Bush (1890-1974)  di MIT membuat Komputer analog  pertama untuk memecahkan persolaan persamaan differensial. Mesin ini dinamakan DifferensialAnalyzer.
1938. Mesin Hitung Mekanik-Elektronik yang Pertama
George R. Stibitz menggunakan sirkuit mekanik-elektronik di Bell Laboratories untuk membuatComplex Calculator 1.Mesin ini dikendalikan lewat keyboard untuk perhitungan teknik.
1942. Komputer Digital Elektronik yang Pertama.
John. V. Atanasoff, Profesor Matematika di IOWA State College dengan asistennya Clifford Berry. Mengembangkan komputer ABC (Atanasoff Berry Computer).Merupakan komputer pertama yang menggunakan komponen tabung hampa udara.Dibuat tahun 1939 selesai tahun 1942.
1944. Harvard Mark I ASCC
Professor Howard Aiken (1900-1973), ahli matematika dari Harvard University bekerjasama dengan peneliti, membuat komputer yang mampu melakukan operasi Arithmetika dan Logika secara otomatis.

1946-1959. KOMPUTER GENERASI (1) PERTAMA
Ciri-ciri khas komputer generasi pertama adalah :
Komponen yang digunakan Tabung hampa udara (Vacuum tube)
Program dibuat dalam bahasa mesin.
Menggunakan konsep stored program
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
Ukuran pisik komputer besar perlu ruangan.
Cepat panas hingga perlu pendingin
Prosesnya kurang cepat
Simpanannya kecil
Butuh daya listrik yang besar
Orientasinya pada aplikasi bisnis 

1946.  Komputer Generasi  I yang Pertama
Dr. John W. Mauchly (1907-1979) dan J. Presper Eckert (lahir 1919) membuat Komputer generasi pertama disebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) yang  Dibuat tahun 1942, diMoore School Engineering di University of Pennsylvania. Tujuan utama ENIAC adalah untuk membantu Amerika menghitung target sasaran bom, karena pada perang dunia ke-2 hanya 30% bom yang mencapai sasaran dalam radius 300 meter dari targetnya.
1947.  Harvard Mark II
Bulan Juli 1947 dbuat komputer Harvard Mark II yang mempunyai kemampuan 12 kali lebih besar dari Harvard Mark I.
1947.  Transistor yang Pertama
Dr. John Bardeen (lahir 1908), Dr. Walther H. Brattain (lahir 1902) dan Dr. William Scokley (lahir 1910) di Bell Laboratories menemukan transistor yang merupakan cikal bakal komponen komputer generasi ke 2
1949. Komputer yang Sepenuhnya Stored Program yang Pertama
Dimulai tahun 1940 oleh ahli matematika terkenal John Von Neumann (1903-1957) bersama H.H Goldstine dan A.W Burks, selesai pada Mei 1949 di Cambridge University Komputer dengan namaEDSAC (Electronik Delayed Storage Automatic Computer) merupakan komputer pertama yang memakai stored program.
Keluarga saya tidak ada yang menggunakan komputer versi lama punya aja tidak😂 teman teman saya, juga sama gak ada yang menggunakannya.

3. Jelaskan tahapan yang berhubungan dengan proses pengumpulan data. Bagaimana yang anda kerjakan di tempat kerja baik manual atau dengan pengolahan data elektronis?
Sumber : YouTube

Analisis Data
Didalam pengolahan data sudah dikatakan bahwasannya dapat dikatakan bila analisis data merupakan data yang sangat penting dalam kegiatan pengolahan data[1]. Hal ini dikarenakan, data hanya merupakan bahan mentah atau bahan baku yang tidak memiliki nilai intrinsic sebagai instrument pendukung dalam menjalankan sebagai kegiatan manajerial, tarutama didalam pengambilan suatu keputusan.
Pengolahan Data
Menurut pandangan konvensional terhadap pengolahan data yaitu secara manual yang dilakukan oleh perusahaan kecil, secara mekenik bagi perusahaan yang sangat memerlukan adanya data informasi teknologi yang bergerak didalam pengolahan data. Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep. Proses pengolahan data terbagi menjadi tiga tahapan, yang disebut dengan siklus pengolahan data (Data Processing Cycle) yaitu :
•Pada tahapan Input
Yaitu dilakukan proses pemasukan data ke dalam komputer lewat media input (Input Devices).
•Pada tahapan Processing
Yaitu dilakukan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan, yang dilakukan oleh alat pemroses (Process Devices) yang dapat berupa proses perhitungan, perbandingan, pengendalian, atau pencarian distorage.
•Pada tahapan Output
Yaitu dilakukan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (Output Devices) yaitu berupa informasi. Pengolahan Data Secara Elektrolik Pengolahan data secara elektrolik merupakan serangkaian.
Pengolahan data secara elektrolik
Mengolahan data secara elektrolik merupakan serangkaian kegiatan yang dimaksutkan untuk menyediakan informasi dengan menggunakan computer yang mencakup pegumpulan, pemrosesan, penyimpanan, dan malakukan hasil pengolahan data tersebut. Seperti yang telah dikatakan diatas, hasil pengolahan data adalah sejumlah informasi yang memenuhi persyaratan kelengkapan, kemutkhiran, keandalan, dan akurasi yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alat pendukung pengambilan keputusan secara efektif. Sebatas pengartian yang menunjukana secara jelas bahwa langkah dalam proses pengambilan keputusan yang pertama adalah proses pengolahan data adalah pengumpulan data.
Teknologi Dalam Manajemen
Kemajuan pesat dibidang teknologi, menuntut perubahan total dalam orientasi pimpinan organisasi terhadap peranan informasi dalam mengambil keputusan. Telah diketahui bersama bahwa sebagai obyek studi dan penelitian ilmiah. Dengan kata lain, di negara-negara yang sudah maju, informasi dengan segala aspek penanganannya telah mulai menuju kearah berkembangnya ilmu informasi, yang biasanya dikenal dengan nama “informatika”.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Organisasi
Teknologi Informasi sangat dibutuhkan di dalam operasional dari organisasi maupun perusahaan bisnis.
            Fungsi Operasional, akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.
Fungsi Monitoring and Control. mengandung arti bahwa keberadaan teknologi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.
Fungsi Planning and Decision, yakni mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan/atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di atas.
Fungsi Communication, secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi
Fungsi Interorganisational, merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain.

contoh pengolahan data yang pernah saya kerjakan, yaitu dengan manual waktu itu saya masih SMA mengikuti studi tour disitu saya di suruh untuk mengumpulkan data , yang saya lakukan pertama tama mengumpulkan informasi,studi ilmiah dan kesimpulan.

4. Apa itu komputer generasi pertama dan jelaskan karakteristiknya? Siapakah diantara keluarga atau orang dekat yang menggunakannya? Bagaimana caranya?

Sumber : YouTube

Sejarah Komputer Generasi Pertama, Awal mulanya komputer pada generasi pertama ini adalah saat terjadi perang dunia kedua, negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia itu berusaha mengembangkan komputer untuk memaksimalkan kemampuan dalam mengatur strategis yang dimiliki oleh komputer.
Tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Pada tahun 1943, pihak Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer pemecah kode rahasia yang diberi namakan Colossus yang berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh negara Jerman. Efek dari pembuatan Colossus sebenarnya tidak banyak mempengaruhi perkembangan industri komputer, hal itu bisa terjadi karena ada dua alasan yaitu ; yang pertama, colossus adalah bukan komputer serbaguna dalam bahasa inggrisnya “general purpose computer”, ia dibuat hanya agar bisa memecahkan kode rahasia. Yang kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang selesai.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika adalah menghasilkan suatu kemajuan lain jika dibandingkan dengan sekutu. Seorang insinyur Harvard yang bernama Howard H. Aiken (1900-1973) bekerja sama dengan IBM, berhasil menghasilkan kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator itu berukuran sangat besar, yaitu dengan panjang setengah lapangan sepak bola dan juga memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil (besar sekali bukan). Komputer itu adalah ; The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Mark I menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mark I beropreasi dengan lambat, ia memerlukan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan tidak fleksibel yaitu urutan kalkulasinya tidak dapat diubah. Mark I tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer singkatannya adalah ENIAC, dirancang oleh John Presper Eckert [1919-1995] dan John W. Mauchly [1907-1980], yang diciptakan berkat kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer ENIAC merupakan komputer yang sangat besar ia membutuhkan daya sebesar 160kW. ENIAC merupakan komputer serbaguna [general purpose computer] yang mampu bekerja 1000 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer Mark I. Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann [1903-1957] bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha menciptakan konsep disain komputer yang sampai 40 tahun yang akan datang masih dapat digunakan dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer [EDVAC] pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Cara ini memungkinkan komputer dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya lagi. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Pada tahun 1951, UNIVAC I atau kepanjangannya adalah Universal Automatic Computer I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann itu.
Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil yang sangat mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah pada saat berhasil memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden pada Tahun 1952.
Setiap komputer generasi pertama memiliki ciri yaitu Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube), program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” dalam bahasa inggrisnya adalah “machine language” dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu. Komputer generasi ini membutuhkan tempat yang luas dan memerlukan banyak pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas.

Komputer generasi pertama mempunyai karakteristik sebagai berikut :
• Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
• Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
• Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
• Cepat panas.
• Proses kurang cepat.
• Kapasitas penyimpanan kecil.
• Memerlukan dya listrik yang besar.
• Orientasi pada aplikasi bisnis.
• Silinder magnetic untuk penyimpanan data

keluarga dan orang terdekat saya tidak ada yang menggunakan komputer generasi pertama ini.

5. Tulis dan jelaskan tentang berbagai jenis sistem operasi komputer. Sistem operasi apa saja yang pernah anda pakai di komputer, HP atau perangkat lainnya?

Sumber : YouTube


1. Sistem Operasi DOS
Persi Inilah nenek moyang dan awal sistem operasi yang ada di perusahaan Microsoft. DOS atau kepanjangan dari Disk Operating System merupakan awal sistem operasi yang digunakan komputer IBM.
Sistem operasi ini masih belum berbasis antar muka sehingga perintahnya harus menggunakan tulisan atau biasa kita kenal dengan Command Prompt.
Sama seperti komputer versi terdahulu, tampilan dari MS-DOS ini masih hitam putih, tidak ada gambar dan hanya berupa tulisan saja.
Microsoft terus mengembangkan MS-DOS hingga 8 kali versi. Kemudian pada tahun 2000, pengembangan pada sistem operasi ini dihentikan.
Kelebihan:
Ukurannya kecil
Ringan dalam penggunaan memori
Kompatibel dengan berbagai perangkat
Kekurangan:
Karena masih generasi awal, maka perintah hanya berupa tulisan dan tidak ada grafik

2. Sistem Operasi Windows
Inilah sistem operasi generasi kedua setelah berhentinya pengembangan sistem operasi DOS. Windows pada awal munculnya sudah menggunakan antarmuka pada tampilannya dan dipasang hampir di seluruh komputer IBM dan komputer lainnya, akhirnya menjadikan Windows menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia.
Dalam perkembangannya Windows dibuat menjadi sistem operasi Stand Alone dan Jaringan.Perkembangan Windows dari waktu ke waktu:
Windows 1.0 (1983)
Windows 2.0 (1987)
Windows 3.0 (1990)
Windows 3.1 (1992)
Windows 95
Windows 98
Windows Milenium Edition (2000)
Windows NT 3.1 (1993)
Windows NT 3.5 (1994)
Windows 2000 /Windows NT 5.0
Windows XP (2001)
Windows Vista (2006)
Windows 7 (2009)
Windows 8 (2012)
Windows 8.1 (2013)
Windows 10 (2015)
Kelebihan:
User Friendly karena sudah tampilan antar muka
Proses Instalasi lebih mudah
Support Driver
Karena hampir semua orang menggunakan Windows, banyak perusahaan membuat software atau aplikasi yang kompatibel dengan Windows.
Perkembangan sangat cepat, kita lihat hampit setiap tahun selalu ada pembaruan dari Windows

Kekurangan:
Tidak Open Source
Harus membeli karena memang Close Source
Mudah diretas karena sistem keamanannya masih lemah
Jika tidak memiliki software bawaan, harus membeli terlebih dahulu untuk mendapatkannya
Rentan terkena Virus

3. Sistem Operasi Mac OS
Sistem operasi Mac OS atau singkatan Macintosh operating System merupakan sistem operasi ekslusif dan hanya terdapat di komputer Apple saja.
Mac OS diluncurkan pada tahun 1984 dan pertama kali digunakan untuk komputer LISA. Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari dasar sistem operasi Linux.
Hebatnya dibandingkan dengan OS yang lainnya, Mac OS adalah sistem operasi pertama kali yang menggunakan GUI/ tampilan antar muka dan beberapa tahun kemudian ditiru oleh Microsoft.
Dalam perkembangannya Mac OS akhirnya diganti dengan versi terbarunya yaitu Mac OS X, yang mana X adalah angka romawi yang berarti 10. Mac OS X adalah versi terbaru dari Mac OS 9 dan diperkenalkan pada tahun 2001.
Karena ekslusif dan kekhasan yang dimilikinya dibanding dengan sistem operasi lainnya, menjadikan sistem operasi ini memliki tempat tersendiri bagi penggunanya.
Perkembangan Windows dari waktu ke waktu:
Mac OS System 1 (1984)
Mac OS System 2 (1985 )
Mac OS System 3 (1986)
Mac OS System 4 (1987)
Mac OS System 5 (1987)
Mac – OS System 6 (1988)
Mac OS System 7 (1991)
Mac OS 8(1997)
Mac OS 9 (1999)
Mac OS X (2001)
Mac OS X /Cheetah (2001)
Mac OS X /Puma (2001)
Mac OS X /Jaguar (2002)
Mac OS X /Panther (2003)
Mac OS X /Tiger (2005)
Mac OS X /Leopard (2007)
Mac OS X /Snow Leopard (2009)
Mac OS X /Lion (2011)
Mac OS X /Mountain Lion (2012)
Mac OS X /Maverick (2013)
Mac OS X /Yosemite (2014)
Kelebihan:
Karena menggunakan UNIX maka sistem lebih stabil
Bisa untuk Multitasking
Dokumen di Mac bisa dibaca di sistem operasi lainnya
Tampilan antar muka cocok untuk graphic design/multimedia
Tingkat keamanannya tinggi, sehingga sulit terkena virus atau diretas
Kekurangan:
 Harganya bisa dibilang mahal
Mac OS tidak bisa dirakit karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
Software di Mac OS tidak terlalu lengkap
Kurang cocok buat main game

4. Sistem Operasi Linux
Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi open source yang populer di kalangan masyarakat dunia dengan tingkat kepopuleran di bawah Windows dan Mac OS. Karena bersifat open source pengguna bebas mengembangkan sistem operasinya sendiri.
Meskipun begitu Linux tetap sukses berjaya bersanding dengan sistem lainnya karena OS ini tidak bergantung pada vendor serta biaya operasional yang dikeluarkan rendah. pada awal perilisannya sudah berbasis grafis antar muka serta bisa berbasis teks.
Beberapa distro linux dari waktu ke waktu:
Red Hat
Debian
Slackware
SuSE
Mandrake
WinLinx
Ubuntu dan turunannya : Sabily (Ubuntu Muslim Edition), Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu, Gnewsense, ubuntuCE
OpenSUSE
Fedora
BackTrack
Mandriva
Slackware
Debian
PCLinuxOS
Knoppix
Xandros
Sabayon
CentOS
Red Hat
ClearOS
Chrome OS
Gentoo Linux
Kelebihan pada Linux:
Karena Open Source, tidak ada biaya lisensi untuk membeli dan menggunakannya
Dulunya penggunaan Linux sangat susah, namun setelah dikembangkan sekarang menjadi lebih mudah
Sebagian aplikasi di Windows ada di Linux
Perkembangannya sangat cepat, karena dikembangkan oleh banyak orang
Kekurangan pada Linux:
Perlu diadakannya pelatihan kepada pengguna awal supaya terbiasa dengan Linux
Support Hardware tidak semuanya cocok di Linux
Proses instalasinya terbilang susah termasuk juga dengan softwarenya.

5. Sistem Operasi Unix
Unix merupakan sistem operasi pertama yang pernah dibuat. Unix adalah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan AT&T, General Electric, dan MIT di tahun 1965 untuk DARPA. Unix juga merupakan sistem operasi baku yang bisa digunakan di segala komputer termasuk juga komputer mini. Unix sendiri merupakan jenis dari sistem operasi jaringan karena bisa digunakan sebagai server ataupun workstation.
Sekarang sudah jarang orang memakai Unix karena kalah pamor dengan 3 Sistem Operasi terkenal seperti Windows, Mac OS dan Linux.
Jenis-jenis Unix:
A/UX
Domain/X
Darwin
CTIX
Distrix
UniCOs
DG/UX
Ultrix
CLIX
Digital UNIX
DVIX
SINIX
Dyix
SCO XENIX
SCO OpenServer
SCO UNIX
Coherent
Tru64
XENIX
AIX
UinxWare
Uniplus+
IRIX
FreeBSD
Mach
Minix
SunOS
NetBSD
Nexstep
QnX
OSF/1
BSD/1
Solaris
Unix System V
Eunice
OpenBSD
GNU/Hurd
GNU/Linux
BSD UNIX.
Kelebihan:
Adanya portabilitas
Multiuser, karena merupakan sistem operasi jaringan
Multitasking. Kita bisa mengerjakan dan menjalankan tugas sekaligus.
Tidak mudah terkena Virus
UNIX ini termasuk sistem operasi yang gratis
Kekurangan:
Dari segi tampilan kurang menarik
Memerlukan penyimpanan memori yang lumayan besar
Tidak banyak Driver yang tersedia untuk Unix
Untuk beberapa hardware jua sulit untuk menyediakan driver untuk Unix
Lumayan susah dan membingungkan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya
Sistem Operasi Amiga
amigaos.net
Amiga merupakan salah satu sistem operasi terdahulu dan sampai sekarang masih ada yang khusus digunakan untuk laptop Amiga. Diperkenalkan pertama kali versi pertamanya yaitu Amiga 1000 pada tahun 1985 oleh perusahaan Commodore International. Sistem operasi Amiga berjalan pada seri Motorola 68 K dengan menggunakan processor 1 dan 32 bit.
Sistem operasi ini juga sudah menggunakan tampilan antar muka bagi penggunanya. Memang sih kita jarang mendengarnya, karena kurang populer.
Sistem Operasi Google Chrome
OS ini adalah sistem operasi open source buatan ekslusif perusahaan Google dengan tujuan bisa bekerja dengan aplikasi web. Google Chrome diluncurkan pada tahun 2009 versi beta kemudian setahun setelahnya diluncurkan versi lengkapnya.
Google Chrome sendiri menggunakan Linux sebagai basis pengembangannya dan hanya bisa berjalan pada hardware yang dirancang khusus. Chrome OS hanya memiliki aplikasi bawaan seperti browser, manajer file dan pemutar media.
Beberapa kelebihan Google Chrome:
Pada segi tampilan khusus didesain untuk pengguna Web. Hal ini memungkinkan pengguna menjadi nyaman ketika browsing.
Adanya fitur modus penyamaran. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa akses Website tanpa meninggalkan jejak.
Dalam pengelolaan tab misalnya. Setiap kita buka TAB di Chrome maka prosesnya terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya)
PENCARIAN : Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
ANTI PENIPUAN : Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA.
Kekurangan Chrome OS:
PRIVASI : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
LISENSI : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.
CELAH KEAMANAN : Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.
EXTENSIONS : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
BAHASA : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
Sistem Operasi Garuda OS
Garuda OS sebenarnya adalah termasuk dari kernel yang mana dikembangkan di negara Indonesia. Garuda OS dikembangkan untuk digunakan masyarakat supaya mereka bisa mendapatkan sistem operasi yang open source, freeware dan tetap sesuai dengan SNI atau standar nasional Indonesia.
Sayangnya OS ini belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena kurangnya pengoptimalkan penggalangan dana bagi OS opensource dan freeware ini.
Sistem Operasi BlankOn
Sistem operasi lainnya karya anak bangsa Indonesia selain Garuda OS adalah BlankOn. Sama seperti OS Garuda, sistem operasi Blank On ini juga termasuk dari kernel Linux. Para pembuat OS ini adalah YPLI dengan tujuan supaya bisa memenuhi kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan.
Sistem Operasi Be OS
Be OS adalah sistem operasi yang diperuntukkan khusus bagi PC atau komputer pribadi yang dibuat dan dikembangkan Perusahaan B Inc. Sebenarnya OS ini untuk awalnya adalah diperuntukkan agar berjalan dan berfungsi pada hardware keluaran Be yaitu Be Box yang pada tahun 1991 baru mulai dikembangkan.
Kelebihan dari perangkat keras Be Box adalah adanya multiprocessing, bandwith modulae dan kemampuannya dalam melakukan preemptive multitasking
Sun Solaris OS
osnews.com
Perusahaan teknologi terbesar di dunia yaitu Perusahaan Sun MicroSystem adalah perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Sun Solaris. Basisnya adalah UNIX, sistem operasi yang pada tahun 1992 mulai pengembangannya ini memiliki keunggulan dari sistem operasi lainnya, seperti terkenal Kestabilannya, Bisa mendapatkan lisensi  atau pilihan kepemilikan, Bersifat opensource.
Macam macam Sistem Operasi Smartphone atau handphone Mobile
Setelah kita membahas tentang sistem operasi komputer saatnya kita beralih membahas tentang macam macam sistem operasi smartphone, yaitu :

1. Sistem Operasi Windows Phone
OS ini dibuat oleh perusahaan Microsoft yang mana diperuntukkan untuk sistem operasi Smartphone supaya bisa bersaing dengan Android. Sebelumnya OS ini dipasang pada merk smartphone Nokia Lumia dan sampai sekarang.
OS ini diluncurkan pada tahun 2010 dan tidak seperti Windows Khusus Komputer yang ditujukan untuk perusahaan, Smartphone ini ditujukan untuk mendapatkan pasar komputer.
Berikut beberapa kelebihan dari Windows Phone :
Lebih mudah dalam penggunaannya bagi mereka yang terbiasa dengan sistem operasi Windows PC
Di smartphonenya hampir tersedia semua software yang ada di Desktop
Kekurangan dari Windows Phone :
Tidak terlalu menarik dibandingkan dengan Android dan IOS
Baterai Smartphone yang menggunakan OS ini cepat boros
Aplikasi tidak selengkap di Android dan IOS
Kemunculannya tergolong terlambat dibandingkan dengan OS lainnya

2. Sistem Operasi Apple IOS
Jika di Desktop ada Mac OS X maka di smartphone atau versi mobile ada IOS. OS yang diperkenalkan pada tahun 2008 ini membuat dunia tercengang karena menghadirkan smartphone pertama di dunia yang berhasil.  Selain di Smartphone Apple iPhone, Os ini juga dipasang produk Apple lainnya seperti iPod, iPad .
Berikut beberapa kelebihan dari IOS :
Sangat mudah untuk integrasi dengan produk Apple lainnya
Widget ada di mana mana, sehingga akan sangat mudah dalam melakukan aktifitas dan meningkatkan produktifitas
Sangat responsif layar sentuhnya karena multi touch
Lancar, sehingga jarang ada lag
Penggunaan memori tidak terlalu besar
Adapun kekurangan dari IOS adalah
Karena ekslusif, maka hanya terbatas pada produk Apple saja
Harganya tergolong mahal
Tidak adanya media eksternal

3. Sistem operasi Google Android
Macam macam sistem operasi smartphone yang terakhir adalah Android. Inilah sistem operasi terkenal di dunia milik perusahaan Alphabet. Semua perusahaan vendor smartphone pasti akan menggunakan Android sebagai OSnya. Sistem operasi ini berbasis Linux dan open source.
Sistem operasi ini juga awalnya di pasang di HTC dan seiring waktu diupdate terus dengan masing-masing update diberi nama Makanan.
Kelebihan Android :
Bersifat open source
Support dari Google
Adanya memori eksternal, sehingga mudah bagi kita untuk menambah disk space
Kita bisa mendapatkan harga yang murah untuk mendapatkannya
Kekurangan :
Sayangnya sistem memakan banyak ruang memori
Sering hang pada smartphone tertentu karena memang pembuatan software dan hardwarenya berbeda atau terpisah, sedangkan Apple memiliki IOS yang langsung terintegrasi dengan perangkatnya
Karena sifatnya yang open source maka virus sangat mudah untuk masuk
Sistem operasi yang pernah saya pakai:
Di HP : Android

Di PC : Window XP,Windows7

6. jelaskan berbagai jenis komputer berdasarkan fungsinya . komputer apa yang anda gunakan  saat ini di tempat kerja atau beraktifitas dan untuk apa?

1. Personal komputer

Personal komputer (PC) atau lebih dikenal dengan komputer pribadi adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang saja. Komputer jenis ini merupakan komputer personal yang bisanya berada dilingkungan kamar, toko atau tempat lainnya.
Fungsi personal komputer (PC) sama dengan komputer umumnya, yang menjadi khas dari peronal komputer adalah digunakan secara pribadi. Biasanya personal komputer digunakan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas atau untuk hiburan seperti gamming.

2. Workstation Computer / Komputer Kantoran

Workstation computer adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Komputer jenis ini adalah komputer public dan biasanya berada pada suatu ruanga kerja atau suatu perkantoran. Workstation computer mempunyai ciri yaitu terhubung dengan komputer lainnya dan digunakan secara bersama-sama.

Jaringan yang ada pada komputer digunakan untuk sharing data, sharing printer, mengirim data dan sebagainya. Jika terjadi kerusakan pada komputer workstation maka komputer yang digunakan tidak dapat masuk dalam jaringan sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain dalam jaringan tersebut.

3. Computer Portable (Laptop / Netbook)

Portabel komputer adalah komputer yang mempunyai ukuran kecil sehingga mudah dibawa atau dipindahkan dengan kemampuan yang lebih canggih dan pawerfull. Teknologi pada komputer portable adalah pemadatan komponent - komponen komputer sehingga berukuran sangat kecil. Adapun yang termasuk dalam jenis komputer portable adalah laptop, notebook dan hanheld computer.
Laptop atau nootebook dikenal juga dengan komputer jinjing, unturannya cukup kecil dan muat untuk dimasukkan dalam tas. Sumber daya pada laptop atau nootebok berasal dari battery yang dapat dicash ketika sumber daya didalam bateray muali habis. Laptop atau nootebook dapat  dihubungkan dengan modem sehingga dapat mengakses LAN atau Internet.

4. Handheld Computer

Handheld computer adalah komputer yang berukuran sangat kecil sehingga bisa digenggam. Hendled computer ini didesain untuk dapat diintegrasikan dengan sistem desktop, sehingga perangkat ini dapat dengan mudah mengambil data dan dapat berkomunikasi lewat sambungan telpon.

Komputer yang saya gunakan untuk beraktifitas belajar adalah computer portable (netbook) saya gunakan untuk mengerjakan tugas,untuk belajar atau mengulang pelajaran yang di sampaikan di kampus.

7. jelaskan berbagai jenis jenis komputer berdasarkan ukuran dimlai dari yang paling kecil . Menurut anda walaupun kecil apa yang membuat komputer atau perangkat keras sekarang lebih powerful dibanding 20 tahun lalu?

MIKRO COMPUTER
Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (main memory) dan antarmuka Input-Output (I/O devices) yang dilakukan dengan menggunakan sistem interkoneksi bus. Berikut adalah susunan gambar dari Mikrokomputer.

Bagian-Bagian Mikrokomputer
1)      CPU/Mikroprosesor
2)      Memori Utama (Main Memory)
a)      RAM (Random Access Memory)
b)      ROM (Read Only Memory)
c)      Input/Output (I/O) Devices


MINICOMPUTER
Komputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam duniaIBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.
Jenis-jenis komputer mini
Berikut ini adalah beberapa komputer mini yang pernah beredar:
a.    PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1965 dengan harga 18500 US$. Komputer mini ini adalah komputer mini paling laku pada jamannya.
b.    PDP-11 (Programmable Data Processor 11) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1970.
c.    VAX (Virtual Address eXtension) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis akhir dekade 1970-an.
d.    Xerox Star, yang merupakan komputer dengan antarmuka grafis (GUI) pertama di dunia.
e.    IBM System/370


SMALL COMPUTER
Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.

MEDIUM COMPUTER
Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal.

LARGE COMPUTER

Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.
SUPER COMPUTER

Komputer ini merupakan komputer paling bertenaga. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalan-kan tugasnya.

Menurut saya, yang membuat komputer sekrang lebih powerfull adalah  lebih canggih ramlebih besar,lebih cepat dan fungsional dan kapasitas memori lebih besar.

8. Tulis penjelasan dan gambarkan tentang kemampuan sebuah komputer dalam mengolah data! Bagaimana anda menggunakannya di tempat kerja atau beraktifitas?

Suatu Proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle). Gambaran siklus pengolahan data adalah seperti blog diagram dibawah ini:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLQg2j8F5s7MY6XDH4TLJMnrzckkyntmdrMb4QSzlQy3IXiSLD3zeJ0DhIveWJlxhNc_bFe7o9BRL9c3uFL_WjrCIlYr6V23gRVH-9srZsBKbSsZuPFuYIdvwPNPEnJX2UUMH8z7H10aQ/s320/Siklus+Pengolahan+data.jpg

Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data diatas dapat dikembangkan lebih lanjut (expanded data processing cycle). 3 tahapan diatas dapat ditambahkan menjadi lebih banyak lagi sesuai kebutuhan. Gambarannya seperti blog diagaram dibawah ini:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpXab1iXVzbGlJNlQxI5eaVjuCV62O_wp0q6Rlgk9MgJzTbtWwFIU0X24nOslqvnZ7whejUfIdnuvIM-FMdXasOmzihRPYCE2euoxohhzn3_h70rMLgDQNIbD3KnsO4uIBP7cdfwRCOgc/s320/Sisklus2.JPG
Keterangan dari blog diagram:
Origination. Tahapan ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasnya merupakan proses pencatatan (recording), data ke dokumen dasar.

Input . Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam sistem komputer lewat input device.

Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh processing device yang berupa penghitungan, membandingkan, mengkalsifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di memori.

Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke output device yang berupa informasi hasil pengolahan.

Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output hasil pengolahan kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Dua anak panah yang berlawanan arah menunjukkan hasil pengolahan dapat disimpan atau diambil kembali jika dibutuhkan untuk pengolahan data selanjutnya.

Pengolahan Data Dalam Aktifitas Saya
Pemakaian handphone,saat mencatat nomor handphone teman, saya dapat mencari nomor teman dengan  menggunakan nama yang beruntun berdasarkan hurup.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman MAKAB STMIK DCI 2018

Pendapat Tentang PPDE

jawaban UAS PPDE 2018