jawaban UAS PPDE 2018

1.    Jelaskan yang anda ketahui tentang Pemrosesan dan Pengolahan Data Elektronik?
JAWABAN:
  • Pemrosesan data adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputersehingga bisa berjalan secara otomatis.
  • Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih beium bisa berceritera banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut.
  • Pengolahan data (data processittg) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi. Informasi (information) adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
  • Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

2.    Ada berapakah jenis komputer baik dari jenis penggunaan maupun sejarahnya yang anda ketahui, sebut dan jelaskan secara singkat !
  1. Personal Computer (PC)

Adalah istilah yang digunakan untuk komputer yang diletakkan di atas meja (Desktop Komputer); biasanya yang diletakkan diatas meja hanyalah monitor, mouse dan keyboard, sementara CPU diletakkan dibawah meja. Komputer ini terpisah antara CPU dengan monitornya. Biasanya komputer ini banyak digunakan untuk keperluan mengakses atau mengedit data dengan waktu yang cukup lama, dan juga banyak digunakan oleh para gamers.
sejarahnya: Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel berseri yang berjudul "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984).
         2. Desknote
Hasil gambar untuk sejarah desknoteSelain PC yang diletakkan di atas meja, ada juga komputer portable dengan ukuran yang lebih kecil dari PC, namun tidak memiliki baterai.  Catu daya yang digunakan langsung dari colokan listik yang ada. Dengan catu listrik maka harganya tidak semahal Laptop (komponen batere merupakan salah satu komponen yang mahal). Disebut desknote karena komputer ini mudah dibawa namun untuk penggunaannya sering ditaruh dimeja dengan catuan listrik dan dapat.
3. Laptop
Hasil gambar untuk laptopAdalah komputer yang bentuknya ringkas dan portable (mudah dibawa kemana-mana). CPU, monitor dan keyboard menyatu menyerupai sebuah buku. Untuk menggunakannya dibuka terlebih dahulu. Kenapa namanya laptop? Karena setiap penggunanya selalu menaruh di atas pangkuan (lap)
4. Notebook
Hasil gambar untuk notebookSetelah populernya istilah laptop, lalu lahirlah laptop dengan ukuran yang lebih tipis. Ketebalannya mirip dengan buku kecil (note) sehingga keluarlah istilah notebook.  Bentuknya hampir sama dengan laptop untuk mengetahui perbedaan antara Laptop, Notebook dan Netbook silahkan baca Link ini
4. Netbook
Hasil gambar untuk netbookKomputer ini keluar sekira 2 atau 3 tahun terakhir. Kebutuhan orang untuk terhubung ke internet setiap saat baik untuk chatting, surfing, update blog, facebook dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pabrikan berlomba-lomba membuat komputer portable yang ringan dan murah tetapi fiturnya dibatasi dari laptop dan notebook . Dari kondisi inilah lahir perangkat netbook atau notebook yang diperuntukkan bagi para netter (pelaku internet)
5. Subnotebook
Hasil gambar untuk subnotebookAdalah notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Ukuran notebook umumnya 14-15 inch. Subnotebook kisaran layarnya berkisar antara 10-13 inch. Bentuk gambarnya mirip dengan Netbook
6. Palmtop
Hasil gambar untuk palmtopDengan berkembangnya teknologi nano komputer dan IC, maka ukuran laptop juga semakin kecil. Bahkan ukurannya sebesar telapak tangan (palm). Sehingga dijuluki palmtop. Dengan bentuk menyerupai Handpohne, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana untuk berinternet dan kebutuhan mengirim serta menerima email
7. PC Tablet
Hasil gambar untuk pc tabletKebutuhan pengguna PC/notebook untuk bekerja dan berkomunikasi membuat pabrikan menciptakan alat input (input) device selain keyboard dan mouse. Alhasil muncullah alat tulis kecil seperti pensil yang disebut dengan stylus. Stylus digunakan untuk menulis di monitor laptop/notebook dimana monitornya bisa diputar dan dilipat layaknya kita menulis di atas kertas. Komputer ini dinamakan PC Tablet
8. Rugged Laptop
Hasil gambar untuk rugged laptopAdalah laptop yang dikhususkan untuk kondisi ekstrim seperti tempat yang penuh goncangan atau berpotensi terhadap benturan, getaran dan air serta cuaca yang tidak mendukung untuk penggunaan PC biasa. Harganya paling mahal, dan PC ini biasanya digunakan oleh Pelaut, penyelam,  Militer dan pekerja yang melakukan pekerjaan di lapangan dengan kondisi goncangan serta kelembaban yang ekstrim.
9. All in One PC (Touchscreen PC)
Hasil gambar untuk all in one pcKomputer dimana motherboard, Processor, memory dan komponen komputer lainnya bersatu dengan monitor. Ukuran komputer ini beragam bisa mencapai 62 inc. Komputer ini juga dilengkapi dengan port Keyboard dan mouse wireless, selain itu layarnya juga layar sentuh, sehingga dapat mengakses menu dengan hanya menekan jari ke menu tersebut.
Biasanya komputer ini banyak digunakan di tempat umum, untuk melayani pelanggan yang datang seperti di Bandara penerbangan, Rumah sakit, Mall dll.


3.    Jelaskan dengan rinci apa yang disebut dengan Sistem Bilangan !
 JAWAB:
Desimal (Basis 10)

Desimal (Basis 10) adalah Sistem Bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sistem bilangan desimal menggunakan basis 10 dan menggunakan 10 macam simbol bilangan yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9. Sistem bilangan desimal dapat berupa integer desimal (decimal integer) dan dapat juga berupa pecahan desimal (decimal fraction).
Untuk melihat nilai bilangan desimal dapat digunakan perhitungan seperti berikut, misalkan contoh bilangan desimal adalah 8598. Ini dapat diartikan :


Dalam gambar diatas disebutkan Absolut Value dan Position Value. Setiap simbol dalam sistem bilangan desimal memiliki Absolut Value dan Position Value. Absolut value adalah Nilai Mutlak dari masing-masing digit bilangan. Sedangkan Position Value adalah Nilai Penimbang atau bobot dari masing-masing digit bilangan tergantung dari letak posisinya yaitu bernilai basis di pangkatkan dengan urutan posisinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel dibawah ini.

Dengan begitu maka bilangan desimal 8598 bisa diartikan sebagai berikut :

Sistem bilangan desimal juga bisa berupa pecahan desimal (decimal fraction), misalnya : 183,75 yang dapat diartikan :

2. Biner (Basis 2)

Biner (Basis 2) adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 2 simbol yaitu 0 dan 1. Bilangan Biner ini di populerkan oleh John Von Neumann. Contoh Bilangan Biner 1001, Ini dapat di artikan (Di konversi ke sistem bilangan desimal) menjadi sebagai berikut :

Position Value dalam sistem Bilangan Biner merupakan perpangkatan dari nilai 2 (basis), seperti pada tabel berikut ini :

Berarti, Bilangan Biner 1001 perhitungannya adalah sebagai berikut :


3. Oktal (Basis 8)

Oktal (Basis 8) adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 8 Simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7. Contoh Oktal 1024, Ini dapat di artikan (Di konversikan ke sistem bilangan desimal) menjadi sebagai berikut :
Position Value dalam Sistem Bilangan Oktal merupakan perpangkatan dari nilai 8 (basis), seperti pada tabel berikut ini :


Berarti, Bilangan Oktal 1022 perhitungannya adalah sebagai berikut :

4. Hexadesimal (Basis 16)

Hexadesimal (Basis 16), Hexa berarti 6 dan Desimal berarti 10adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 16 simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A(10), B(11), C(12), D(13), E(14), F(15). Pada Sistem Bilangan Hexadesimal memadukan 2 unsur yaitu angka dan huruf. Huruf A mewakili angka 10B mewakili angka 11 dan seterusnya sampai Huruf F mewakili angka 15

Contoh Hexadesimal F3D4, Ini dapat di artikan (Di konversikan ke sistem bilangan desimal) menjadi sebagai berikut :


Position Value dalam Sistem Bilangan Hexadesimal merupakan perpangkatan dari nilai 16 (basis), seperti pada tabel berikut ini :


Berarti, Bilangan Hexadesimal F3DA perhitungannya adalah sebagai berikut :


http://mata-cyber.blogspot.co.id/2014/06/pengertian-sistem-bilangan-dan-macam-macam-sistem-bilangan-komputer.html

4.    Sebutkan komponen-komponen  Pemrosesan dan Pengolahan Data Elektronik dan berikan contoh aplikasinya dalam tugas atau kehidupan anda sehari-hari !
      JAWAB:
Komponen komponen yang terdapat pada sebuah komputer adalah :
–          Prosesor
–          Memori
–          Penyimpanan sekunder
–          Perangkat Input
–          Perangkat Output

gambar1
    1. Hardware : Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer  merupakan  komponen          yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu  kesatuan  sehingga dapat            difungsikan.
    2. software : software atau perangkat lunak adalah suatu  program yang berisi instruksi-instruksi             (perintah) yang  dimengerti oleh komputer.
    3. Brainware : b
rainware yaitu pemakai komputer  atau orang  yang mengoperasikan                                komputer (User), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang                                              mengopersikan (user) nya  maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.

      Manfaatnya:
  • ·         Unit pemrosesan sentral(central Pr ocessing Unit-CPU)yang sesungguhnya dapat dikatakan sebagai nti suatu komputer karena peranannya sebagai pemroses atau pelaksana instruksi dalam bentuk program dengan menggunakan bahasa komputer tertentu.Unit pemrosesan sentralah yang mengubah data menjadi informasi. Unit pemrosesan sentral mempunyai  tiga fungsi yaitu: (a) menyimpan data dan program (b) melakukan perhitungan arit matika dan logika, (c) mengatur dan mengendaikan aktifitas untuk pengolahan sentra.
  • ·          Alat –alat pemasukan data.Alat-alat inilah yang mengirimkan data dalam bentuk  yang dapat dibaca oleh komputer kedalam unit pemrosesan tergantung pada konfigurasi komputer .berbagai alat yang termasuk kategori iniialah papan ketik,cursor (mouse), joy stick, light pen,alt memasukkan suara,alat pembaca kartu alat pembaca karakter secara optik ,alat pembaca tinta magnetic dan pemutar tape.
  • ·         Alat-alat iuran . yang dimaksud dengan alat-alat iuran ialah berbagai perlengkapan yang berperan membuat informasi sebagai iuran pengolahan data siap digunakan oleh berbagai pihak dalam perusahaan.contoh dari alat iuran magnetic disc drive, tape drive,  disket, pencetak atau printer,plotter, layar monitor, alt pembuat mikrofilm dan alat mengeluarkan suara.
  • ·         Alat penyimpan tambahan atau pendukung. Alat ini berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi tertentu yang belum diperlukan oleh unit pengolahan sentral. Jika pemakai komputer  sudah memerlukannya yang bersangkutan tinggal mengopinya dari tempat penyimpanan dan dikirim ketempat penyimpanan internal dalam komputer.tiga jenis alat yang termasuk kategori ini ialah kartu komputer berlubang, baik dalam bentuk hard disk dan floppy disk dan pita magnetik .
5.    Jelaskan mengenai tugas yang anda kerjakan pada akhir semester ini ! Meliputi judul dan sasaran yang anda inginkan, menurut anda apakah tugas buatan anda tersebut sudah tepat sasaran?
 JAWAB:
.Mengenai tugas akhir semester ini saya membuat rangkuman powerpoint mengenai tentang pembelajaran yang di sampaikan oleh Pak Djajda. Ii sangat tepat sasaran karena saya dapat menghapal untuk bahan UAS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman MAKAB STMIK DCI 2018

Pendapat Tentang PPDE